Sabtu, 13 Januari 2018

Bagaimana Cara Menaikan Berat Badan Bayi 2 Bulan, 8 Dan 9 Bulan

Loading...
Cara Menaikan Berat Badan Bayi sangat penting sebagai bentuk bahwa anda peduli pada pertumbuhan bayi anda. Cara mengetahui bahwa bayi tumbuh dengan baik adalah dengan mengukur berat badan kemudian panjangnya. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk sering memeriksa nutrisi yang sudah diberikan pada bayi anda guna memantau tumbuh kembangnya. KMS atau Kartu Menuju Sehat tentu bisa digunakan agar bisa memeriksa bagaimana perkembangan buah hati anda.

Tips Bagaimana Cara Menaikan Berat Badan Bayi 2 Bulan, 8 Dan 9 Bulan

Berdasarkan angka kecukupan gizi di Indonesia, bayi dari usia 1 sampai 3 tahun normalnya memiliki berat badan sekitar 12 kg. Untuk tinggi badannya adalah 90 cm. Sedangkan pada bayi berusia 2 bulan, idealnya adalah 5,6 kg atau paling berat 6,3 kg untuk bayi laki-laki. Sedangkan pada bayi perempuan, normalnya adalah 5,1 kg dengan bobot paling berat 5,8 kg. Nah, jika anda memiliki keluhan bahwa bayi anda susah naik berat badannya, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Kunci utama adalah pengawasan anda sebagai orang tua supaya dapat membantu menambah berat badan bayi dan memantau perkembangannya.


Bagaimana Cara Menaikan Berat Badan Bayi 2 Bulan, 8 Dan 9 Bulan
Cara Menaikan Berat Badan Bayi di usia 2 bulan adalah dengan memperhatikan penyebabnya terlebih dahulu. Dua hal penting yang membuat bayi susah naik adalah porsi makanan serta asupan nutrisi yang masih kurang optimal. Selain itu, kondisi lainnya juga mempengaruhi seperti sedang pilek atau batuk sehingga menjadi malas mengkonsumsi makanan. Masalah lain yang kerap terjadi pada bayi usia 2 bulan adalah gangguan pencernaan seperti diare.

Kemudian, perhatikan bahwa bayi usia 2 bulan hanya membutuhkan ASI. Itulah mengapa anda harus memperhatikan apakah kebutuhan nutrisi dari ASI sudah terpenuhi. Kualitas ASI harus ditingkatkan agar bayi bisa tumbuh dan berkembang lebih sehat. Disarankan untuk ibu menyusui supaya meningkatkan asupan gizi dan nutrisi yang bagus untuk anak. Selain itu, ibu yang menyusui sebaiknya pandai-pandai mengolah emosional, sebab stress pun bisa mempengaruhi.

Untuk ibu yang sedang menyusui, anda dapat meningkatkan berat badan bayi yang berumur 2 bulan dengan menjaga kualitas ASI. Artinya, anda juga harus menjaga makanan yang anda konsumsi. Beberapa makanan yang bagus adalah bayam dan juga kacang-kacangan. Untuk kacang-kacangan, hindari makanan tersebut secara berlebihan.

Daftar Makanan Sehat Penambah Berat Badan Bayi 8 Dan 9 Bulan

Berikut ini cara menaikan berat badan bayi baru lahir hingga 9 bulan bahkan 10 bulan dari Cara Make Up Natural :
  1. Menggunakan biscuit bayi Untuk pertumbuhan Bayi

    Bayi yang sudah berumur di atas 6 bulan tentu sudah boleh mengkonsumsi beberapa makanan yang sehat untuk mendampingi ASI yang diberikan ibu. Salah satu makanan yang aman digunakan untuk cara menaikan berat badan bayi adalah dengan memberikannya biscuit. Jika bayi anda merasa bosan dengan biscuit bayi yang hanya itu – itu saja, maka anda dapat memberikan biscuit bayi dengan menggunakan bahan dari buah dan sayur. Tidak hanya itu, tetapi anda juga bisa membuat biscuit dari gandum utuh atau beras merah agar bayi anda merasa senang untuk mengkonsumsinya dan membuat berat badan bayi naik.
  2. Menggunakan bubur susu untuk bayi

    Selain menggunakan biscuit, rasanya sudah bukan rahasia lagi jika anda juga bisa menggunakan bubur sebagai makanan pendamping ASI. Bubur susu bisa juga anda buat sendiri di rumah agar lebih aman. Anda apat menggunakan dari bahan gandum utuh yang ditambahkan dengan susu murni tanpa gula. Bubur susu tersebut kaya akan kandungan serat, protein, dan juga kalsium yang akan membantu membuat berat badan bayi anda menjadi lebih tinggi dan membuat pertumbuhannya semakin cepat.
  3. Menggunakan bubur tim untuk bayi

    Selain menggunakan bubur susu, anda juga dapat menggunakan bubur tim yang sering digunakan oleh para ibu – ibu dari jaman dahulu. Bubur tim memang sangat baik digunakan untuk membuat berat badan bayi anda semakin naik sebab bubur tim memiliki kandungan vitamin, protein, serat, mineral, dan beberapa kandungan baik lainnya yang dibutuhkan bayi ketika dalam masa pertumbuhan. Anda juga bisa menambahkan makanan sehat di dalam bubur tim bayi anda, misalnya saja seperti: daging, ati ayam, kemudian wortel, bayam, dan juga kentang yang akan meningkatkan nafsu makan bayi anda dan membautnya menjadi sehat sebab kandungan di dalam makanan tersebut dibutuhkan oleh bayi anda.
  4. Menggunakan apukat dan kurma untuk bayi

    Jika anda menginginkan beberapa bahan lainnya sebagai inovasi yang baru untuk membuat berat badan bayi anda naik maka anda bisa memadukan beberapa bahan alami seperti apukat dan kurma. Bahan yang dibutuhkan tidak hanya apukat dan kurma tetapi ada juga susu kedelai dan gula aren. Semua bahan alami yang digunakan sangat aman dan dibutuhkan oleh tubuh kandungan yang dimilikinya.
    Cara membuat makanan penambah berat badan bayi:
    Pertama, haluskan apukat, susu kedelai dan kurma dengan memblendernya. Jika sudah, anda bisa menambahkan gula aren sedikit saja untuk dihaluskan juga. Kemudian saring jus terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi anda. Jika tidak ingin menggunakan gula aren maka anda bisa memberikan madu yang asli. Jus ini dapat digunakan sebagai pengganti makan tetapi kandungan yang ada dalam bahan alami justru dapat membuat nafus makan semakin tinggi.
  5. Menggunakan pisang ambon dan kurma untuk bayi

    Cara menaikan berat badan bayi 6 bulan lebih lainnya juga bisa menggunakan pisang ambon dan kurma. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan dalam pisang dan kurma sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi anda. Sebab kandungan tersebut akan membantu meningkatkan nafsu makan bayi anda.
    cara membuat bubur bayi dengan pisang ambon dan kurma:
    Pertama, sediakan satu buah pisang ambon yang sudah tua dan 2 kurma yang sudah matang. Haluskan kedua bahan tersebut dengan ditambahkan madu asli secukupnya. Setelah lembut, saring terlebih dahulu dan berikan pada anak anda sebagai pengganti minuman atau makanan di luar ASI.
  6. Menggunakan wortel, kelapa hijau, dan gula aren buat anak bayi

    Banyak sekali bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan berat badan pada tubuh bayi anda, salah satunya dengan menggunakan wortel, kemudian daging dari kelapa hijau, dan juga gula aren. Ketiga bahan alami tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh bayi anda.
    cara membuat mpasi dengan wortel kelapa hijau dn aren:
    Anda bisa menyediakan wortel buah segar satu saja, kemudian daging kelapa. Blender kedua bahan tersebut dengan menambahkan sedikit air susu murni dan juga gula aren. Jika sudah lembut, angkat dan saring jus tersebut kemudian berikan pada bayi anda. Rasanya yang enak akan membuat bayi anda merasa senang dan nafsu makan bertambah.
  7. Menggunakan beras merah, bayam, dan daging salmon anak untuk bayi

    Jika anda ingin mendapatkan cara menambah berat badan bayi 10 bulan dengan berupa makanan yang bervariasi, maka anda dapat menggunakan bahan alami seperti beras merah, bayam, dan juga daging salmon yang kaya akan nutrisi dan mineral untuk membuat berat badan bayi anda semakin bertambah.
    cara membuat mpasi pakai beras merah, bayam, dan daging salmon:
    Pertama, anda bisa memasak beras merah sampai sedikit lunak seperti bubur, kemudian anda dapat menambahkan daging ikan salmon yang sudah dilembutkan. Aduk merata dengan menggunakan api yang sedang. Setelah itu campurkan bayam dan masak sampai matang. Berikan pada bayi anda untuk membuatnya menjadi semakin nafsu makan dan berat badan menjadi bertambah.
  8. Menggunakan bubur roti pisang untuk bayi

    cara membuat mpasi dengan Selanjutnya, bubur roti pisang juga dapat digunakan untuk membantu menaikkan berat badan anak anda yang di atas usia 6 bulan. Bubur yang dibuat dari roti gandum akan membuat berat badan bayi anda bertambah dengan cepat sebab dapat juga meningkatkan nafsu makan bayi. Anda bisa mamdukan roti tersebut dengan pisang yang akan membuat rasanya lebih istimewa.
    cara membuat mpasi dengan bubur roti pisang:
    Hancurkan roti dengan campuran susu murni, aduk sampai jadi satu. Kemudian tambahkan pisang yang sudah dipotong kecil – kecil. Aduk lagi jadi satu, dan berikan apda bayi anda sebagai pendamping ASI.
  9. Menggunakan bubur bayam dan apukat untuk bayi

    Bayam dan apukat adalah bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menaikan berat badan bayi 7 bulan. Bayam dan apukat memang dapat dipadukan untuk menjadi bubur agar bayi anda semakin bertambah nafsu makannya. Belum lagi kandungan dari bayam dan apukat memang sangat baik untuk pertumbuhan bayi anda. Kandungan vitamin E, kemudian mineral, serat, dan juga zat besi akan bekerja aktif untuk menaikkan berat badan bayi anda.
    cara membuat bubur bayi pakai bayam dan apukat:
    Untuk menggunakannya, anda bisa memblender alpukat yang sudah matang dan bayem yang sudah direbus. Haluskan dan berikan pada bayi anda sebagai pendamping makanan ASI.
  10. Menggunakan pepes ikan brokoli untuk bayi

    Untuk memberikan varian yang berbeda, anda juga bisa menggunakan menu pepes ikan brokoli. vitamin penambah berat badan bayi yang ada pada Kandungan makanannya ada vitamin, kemudian omega 3, ada protein yang akan membuat berat badan bayi semakin bertambah dan pertumbuhannya terjamin.
    cara membuat mpasi dengan dengan pepes ikan brokoli:
    Pertama, anda bisa memilih ikan yang sehat untuk bayi anda dan brokoli yang segar. Pepes ikan tanpa menggunakan bumbu dan tambahkan dengan brokoli yang sudah di iris kecil. Jika sudah matang, maka anda bisa menyuguhkannya pada bayi anda ketika makan agar membuat berat badan bayi semakin bertambah. Cara menambah berat badan bayi 1 tahun dengan menggunakan ikan dan brokoli sangat mempercepat peningkatan bobot bayi anda.
  11. Berikan ASI secara teratur

    Di usia 9 atau 10 bulan, bayi masih dianjurkan untuk mendapatkan ASI secara teratur. ASI harus diberikan pada anak sebelum kemudian di sapih jika sudah menginjak usia 2 tahun. Hal ini disebabkan ASI merupakan makanan yang terbaik dengan kandungan anti bakteri serta nutrisi yang lengkap. Sehingga, memberikan ASI secara rutin merupakan
    cara menambah berat badan bayi Cara Menaikan Berat Badan Bayi yang paling efektif yang dapat membuat bayi juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.
  12. Pastikan Tidur Cukup

    cara menaikan berat badan bayi 3 bulan dengan tidur cukup, tidur adalah aktifitas yang sangat penting. Bahkan, bayi harus tidur sebanyak lebih dari 12 jam. Hal ini penting untuk membantu tumbuh kembang bayi dan menjaga kestabilan kesehatannya. Untuk bayi yang kurang tidur, tentu ada berbagai masalah yang bisa terjadi, seperti gampang sakit karena radikal bebas, tidak nyaman dan sering menangis.
  13. Berjemur pagi untuk bayi

    Sering berjemur juga ternyata bagus untuk bayi. Bayi masih masuk pada tahap pertumbuhan. Kehangatan sinar matahari pagi tentu bagus karena vitamin D yang juga dapat berperan sebagai anti bakteri. Sinar matahari pagi juga sangat penting untuk perbaikan jaringan hati dan juga tulang bayi. Selain itu, sinar matahari pagi dibutuhkan untuk menaikkan daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan.
  14. Gizi Bayi Seimbang

    Gizi yang seimbang sangatlah penting untuk diperhatikan oleh semua ibu jika ingin anaknya tampak gemuk. Untuk bayi yang sudah MPASI, anda sebagai orang tua harus mendukung dengan konsumsi makanan yang sudah memenuhi empat sehat lima sempurna ditambah dengan pemberian ASI secara teratur dan konsisten.
  15. Variasikan Menu Makanan anak bayi

    Untuk bayi yang sudah berusia 9 bulan, tentu saja asupan makanan yang ingin diberikan harus lebih banyak pilihannya. Dengan berbagai variasi makanan, maka bayi tetap merasa enak untuk makan dan tidak gampang bosan. Dengan mengganti menu setiap hari, nutrisi untuk bayi pun bisa tetap dipantau. Sebagai orang tua juga penting mengetahui bahwa lidah bayi suka dengan berbagai makanan yang dihadirkan dengan rasa yang berbeda. Inilah mengapa anda bisa menggunakan cara tersebut untuk meningkatkan berat badan. Lihat artikel caramakeupnatural.com sebelumnya : Cara Menaikan Berat Badan Dengan Cepat Secara Alami Dan Fitnes
Kesimpulannya, adalah persepsi yang salah jika beranggapan bahwa pada usia 9 bulan, bayi diberi konsumsi bubur saja. Pada usia tersebut, sebaiknya berikan makanan dengan gizi seimbang dengan kondisi ASI yang terus diberikan. Makanan-makanan yang lebih berat di usia 9 bulan akan lebih baik dibandingkan konsumsi bubur. Pada usia tersebut, bayi sudah boleh makan buah-buahan, telur, sayuran, ikan dan bahkan beras merah. Sebab pada usia tersebut, bayi sudah memiliki kondisi lambung yang sempurna dan siap mengkonsumsi makanan apapun yang baik dan menyehatkan. Sedangkan pada bayi dengan gangguan sistem pencernaan atau juga gangguan tiroid, bisa jadi bayi kehilangan nafsu makan dan tampak kurus dalam beberapa bulan saja. Itulah mengapa anda harus rajin memeriksakan bayi anda jika terdapat penurunan berat tubuh, apalagi yang signifikan. Itulah informasi tentang Cara Menaikan Berat Badan Bayi 2 bulan dengan cepat dan sehat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner