Jumat, 18 Mei 2018

Cara Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan Dan Baru Lahir

Loading...
Cara Menambah Berat Badan Bayi memang bukan perkara mudah. Saat baru lahir, bayi dengan berat badan yang normal selalu identik dengan kondisi kesehatan yang baik. Akan tetapi, hal ini sudah berbeda jika bayi yang lahir adalah dalam kondisi prematur. Hal ini dikarenakan adanya berbagai resiko yang menyebabkan bayi lahir premature di usia 7 bulan. Bahkan, ada juga bayi yang sudah memiliki kelainan berat badan sejak ada dalam kandungan.

Nah, sangat penting sekali untuk para ibu untuk mengetahui bagaimana cara menambah berat badan bayi, terutama yang baru lahir. Hal ini sangat penting karena saat usia tersebut, si buah hati masih menerima susu ASI eksklusif. Pada bayi baru lahir, intensitas menyusui sangatlah penting. Sebab, pada usia tersebut hingga sampai 6 bulan, bayi tidak diperkenankan diberikan makanan meskipun sudah dilembutkan. Hal ini dikarenakan usia bayi baru lahir sampai 6 bulan hanya memiliki ukuran lambung yang kecil yang hanya dapat menampung air susu ibu.

Cara Menambah Berat Badan Bayi Baru Lahir, Hingga Usia Bayi 10 Bulan Dan 1 Tahun


Cara Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan Dan Baru Lahir
Berikuti ini dalah saran untuk jawaban bagaimana menambah berat badan bayi ? silahkan lihat ulasannya berikut ini dari Cara Make Up Natural :

A.Cara Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan

  1. Konsumsi sayur dan buah

    Bagi bayi yang baru lahir atau bayi yang masih di dalam kandungan, asupan nutrisi dapat diperoleh dari makanan ibu. Salah satu cara untuk menambah berat badan bayi yang baru lahir atau yang sedang dalam kandungan bisa dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti sayur dan buah. Cara menambah berat badan bayi dengan mengksumsi sayur dan buah selain cepat ternyata juga dibutuhkan bayi sebab kandungan dalam sayur dan buah memiliki nutrisi yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan sel, kemudian jaringan, dan juga organ bayi anda.
  2. Mengkonsumsi ikan laut

    cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 7 bulan – 9 bulan Selanjutnya, selain menggunakan sayur dan buah anda juga harus memperbanyak makanan laut. Beberapa jenis ikan laut akan membantu membuat berat badan badan bayi anda semakin bertambah. Misalnya saja, anda dapat mengkonsumsi ikan laut seperti; tengiri, salmon, tuna, atau beberapa yang lainnya. Kandungan dari ikan laut ada asam lemak omega 3 yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh bayi anda. Tidak hanya dapat menaikkan berat badan bayi anda, tetapi juga dapat membantu perkembangan otak bayi sehingga dapat membuat bayi anda semakin tumbuh cerdas.
  3. Jangan minum minuman bersoda

    Kebiasaan buruk biasanya dimiliki ibu ketika belum memiliki bayi, salah satu kebiasaan tersebut adalah mengkonsumsi minuman bersoda. Memang minuman bersoda sangat nikmat dan banyak sekali yang suka, tetapi mengkonsumsi minuman bersoda ketika anda sedang hamil dan sedang menyusui tidak akan baik untuk kesehatan bayi anda. Minuman bersoda biasanya memiliki campurn bahan kimia ataupun gula tambahan yang tidak sehat untuk kesehatan bayi anda juga diri anda sendiri. Upaya untuk menaikkan berat badan bayi tidak akan berhasil. Untuk itu, ada baiknya biasakan hidup dengan cara yang sehat agar bayi anda mendapatkan dampak yang positif dari anda.
  4. Istirahat cukup

    Istirahat yang cukup mungkin sering dianggap hal yang sepele, namun ternyata jika ibu yang hamil dan menyusui memiliki waktu istirahat yang cukup akan menjadi salah satu cara menambah berat badan bayi kandungan dengan cepat yang efesien. Memiliki waktu istirahat yang cukup juga termasuk upaya untuk menjaga kesehatan anda. Jangan terlalu menyibukkan diri dengan aktivitas yang berat dan membuat anda merasa lelah, hal tersebut akan membongkar pasokan kalori yang ada di dalam tubuh ibu. Sehingga kalori tidak dapat disalurkan dengan baik kepada bayi anda. Agar bayi anda cepat bertambah berat badannya, pastikan bahwa anda sering istirhat dan tambahkan tidur siang paling tidak selama dua jam.
  5. Lakukan olahraga

    Tidak hanya membantu menaikkan berat badan ibu saja, tetapi olahraga juga akan membantu menaikkan berat badan bayi yang anda susui atau yang sedang dalam kandungan anda. Olahraga sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi, anda dapat menggunakan olahraga yang ringan seperti jalan – jalan atau jgua renang. Hal ini akan membuat organ di dalam tubuh bekerja dengan baik sehingga penyerapan kadar nutrisi akan semakin lebih optimal juga. Olahraga juga akan membuat nafsu makan ibu semakin bertambah, sehingga nutrisi yang tersalurkan kepada bayi juga akan semakin lebih banyak lagi. Lakukan olahraga secara maksimal, paling tidak satu minggu 5 kali.
  6. Konsumsi protein

    Selanjutnya, sebagai cara menambah berat badan bayi yang ada di dalam kandungan ataupun yang masih dalam program ASI maka anda juga harus mengusahakan agar kandungan protein yang anda konsumsi memang memadai untuk bayi anda. Protein bisa digunkan untuk menambah berat badan bayi anda. Protein selain dapat menyehatkan badan juga dapat digunakan untuk membantu menaikkan berat badan bayi anda. Banyak sekali makanan yang menjadi sumber protein, misalnya saja pada daging ayam, telur ayam, kemudian sapi, dan beberapa bahan masakan lainnya. Mengingat bahwa berat badan bayi anda bisa naik berdasarkan apa yang dikonsumsi ibu, maka sebaiknnya berikan asupan yang sehat dan penting untuk pertumbuhan bayi.
  7. Konsumsi air putih

    Selama hamil atau selama menyusui mengkonsumsi air putih menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan anda dan bayi anda. Tidak hanya baik untuk kesehatan organ tubuh, ternyata air putih yang dikonsumsi ibu dapat membantu menaikkan berat badan secara alami. Air putih yang dikonsumsi akan bekerja untuk memperlancar penyerapan nutrisi yang ibu konsumsi, sehingga bayi semakin mudah menerima dan semakin cepat untuk menaikkan berat badannya. Tidak hanya itu saja, tetapi air putih juga akan membantu memudahkan persalinan untuk ibu yang masih hamil.
  8. Konsumsi makanan padat energy

    Banyak sekali makanan yang harus dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil ataupun yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi tidak hanya untuk ibu hamil saja, tetapi juga untuk bayi. Ibu juga harus menjaga apa saja yang dimakan, sebab jika ingin menaikkan berat badan bayi maka makanan yang sehat seperti makanan yang padat energy sangat dibutuhkan. Sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan maka makanan yang padat energy akan membantu menambahkan kalori tambahan yang dapat diserap oleh bayi yang di dalam janin atau yang sedang menggunakan ASI. Banyak sekali sumber makanan yang bisa dijadikan tambahan kalori, misalnya saja seperti; selai buah, margarine, keju, dan beberapa bahan lainnya.
  9. Sediakan cemilan sehat

    Selain harus banyak makan, rupanya para ibu yang sedang hamil dan sedang menyusui harus sering makan. Anda dapat membantunya dengan cemilan yang sehat pada jam – jam yang tertentu. Cemilan yang digunakan adalah cemilan yang sehat dan aman untuk menambah nutrisi bayi. Jangan sampai anda memilih cemilan yang ternyata tidak ada manfaat untuk menaikkan berat badan bayi anda. Cemilan sehat yang tidak mengandung kolestrol dan lemak berlebihan, tetapi membantu anda untuk mendapatkan kalori yang lebih banyak lagi. Hal ini akan sangat membantu agar bayi adna memiliki berat badan yang semakin ideal.
  10. Konsumsi makanan manis

    Ternyata mengkonsumsi makanan yang manis juga dapat digunakan untuk membantu menaikkan berat badan bayi anda dengan sangat cepat dan sehat. Namun, makanan manis yang dipilih juga tidak bisa sembarangan. Anda dapat memilih makanan manis yang sehat agar perkembangan bayi anda semakin lebih cepat. Tidak harus berupa makanan, anda juga bisa mengkonsumsi minuman yang manis untuk menambah berat badan bayi anda. Misalnya saja anda bisa mengkonsumsi smoothies atau jus, sedangkan untuk makanannya, anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi coklat, kue, dan makanan manis yang tidak terlalu berlebihan jumlah kolestrol dan lemaknya. Hal ini harus diperhatikan untuk membantu cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan yang alami dan aman.

B.Cara Menambah Berat Badan Bayi baru lahir atau sudah lahir

  1. Tidur Dekat Bayi

    Untuk bayi yang baru lahir, sangat bagus pula jika si ibu sering tidur di dekat bayi. Menemani bayi tidur dengan intensitas yang sering akan dapat membantu si bayi untuk menambah berat badan. Perlu diketahui bahwa ketika dalam kandungan, bayi begitu merasa nyaman di dalam rahim ibu yang hangat. Itulah kenapa ketika sudah lahir, tidak sedikit bayi merasa kuatir meskipun mereka belum tahu perasaan demikian. Untuk itu, para ibu bisa mencegah adanya tekanan emosi atau kondisi yang tidak nyaman tersebut dengan tidur didekat bayi. Bayi pun akan measa tenang, sehingga berat badan pun juga bisa sesuai dengan usianya. Para ibu, juga bisa memperhatikan pola tidur bayi baru lahir atau 1 bulan untuk menjaga kondisi berat badannya. Fakta lainnya adalah dengan tidur di dekat bayi, maka prolaktin dapat meningkat sehingga produksi ASI lebih banyak dan bayi pun merasa nyaman. Posisi tidur bayi juga harus benar supaya bayi merasa nyaman.
  2. Hindari Memberikan Makanan Padat

    Cara menambah berat badan bayi juga tidak boleh sembarangan, seperti memberikan makanan padat. Hal ini bukanlah solusi yang cepat. Sebab, makanan yang padat begit berbahaya untuk diberikan pada bayi yang baru lahir dan belum cukup usia 6 bulan. Terdapat beberapa bahaya yang dapat mempengaruhi perkembangan si kecil, bahkan bisa menyebabkan kematian. Jika sudah usia 6 bulan, cara menambah berat badan bayi 1 tahun misalnya adalah dengan memberikan makanan padat. Makanan padat bagus untuk memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi, dibandingkan hanya susu formula dan ASI. Makanan padat sudah aman untuk anak kecil umur 1 tahun. Akan tetapi, jika diberikan pada bayi di bawah 6 bulan, maka bayi bisa memiliki beberapa masalah pencernaan seperti perut kembung. Selain itu, air putih juga tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 6 bulan.
  3. Gendong Lebih Sering

    Menggendong lebih sering adalah cara yang baik untuk menambah berat badan bayi. Hal ini akan memberikan rasa nyaman, terutama untuk bayi baru lahir. Bahkan, ini juga bagus dilakukan untuk bayi berusia 1 bulan. Hal ini dikarenakan terdapat kontak kulit antara ibu dan bayi yang akan meningkatkan produksi ASI. Bukan hanya itu, menggendong adalah cara yang efektif supaya dapat mengurangi tangisan bayi. Perhatikan pula bagaimana cara menggendong yang baik supaya bayi tetap merasa nyaman.
  4. Terapi Pijat Bayi

    Jika bayi anda sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI, namun masih memiliki berat badan yang kurang, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Misalnya, cara menambah berat badan bayi 10 bulan adalah dengan melakukan terapi pijat. Terapi pijat dapat memberikan rangsangan yang akan membuat bayi merasa nyaman. Bayi pun bisa menyerap ASI dan makanan pendamping dengan baik. Bahkan, hal ini juga bagus untuk membantu proses pencernaan dan sirkulasi darah menjadi semakin lancar. Sehingga, proses peningkatan berat badan bayi pun bisa lebih cepat. Selain menggunakan jasa spa bayi, anda juga bisa mepelajari bagaimana cara memijat bayi yang benar. Lihat artikel caramakeupnatural.com sebelumnya : Bagimana Cara Membesarkan Otot Lengan Dada Dan Perut Tanpa Fitnes Di Rumah.
Cara menambah berat badan bayi juga bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Kandungan yang sehat, tentu bukan hanya pada faktor makanan yang bergizi. Akan tetapi, anda juga harus membantu tumbuh kembang si kecil didalam rahim dengan optimal yaitu dengan menjaga emosional anda. Jadi, ketika anda sedang hamil, pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi harus benar-benar sehat, perhatikan kalori yang dibutuhkan oleh anda dan si kecil, termasuk nutrisi lainnya. Hindari pula mengkonsumsi makanan yang tidak disarankan untuk ibu hamil. Bahkan, konsultasikan dengan dokter bagaimana dan apa saja menu yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan jauh lebih bagus jika anda membuat menu sehat setiap harinya selama hamil. Dukung perkembangan berat badan si bayi dalam kandungan dengan menjaga emosionalitas anda. Hal ini disebabkan, bayi begitu peka dengan perasaan sang ibu. Ketika ibu depresi atau sedih dalam waktu yang lama, bayi pun bisa merasa tertekan sehingga berat badan yang ideal susah dicapai.

Demikian informasi tentang bagaimana cara menambah berat badan bayi yang masih dalam kandungan, baru lahir, bayi usia 10 bulan, dan bayi usia 1 tahun. Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner